Brigjen Pol Firly R Samosir, Putra Batak Pertama Komandan Pasukan Brimob I Sumatera

png 20230607 103246 0000

Binjai (dntv)Brigjen Pol Drs Firly R Samosir Msi merupakan orang pertama yang ditunjuk mengawali sejarah terbentuknya Pasukan Brimob I Korbrimob Polri di wilayah Sumatera.

Hal ini merupakan awal sejarah baru bagi perjalanan Korbrimob Polri sebagai penguatan struktur organisasi Korps Brimob Polri dimana memiliki peranan penting dalam mengamankan berbagai proyek strategis nasional.

Lalu dikuatkan dengan terbitnya Perpol No. 6 Tahun 2022 perubahan ke empat atas Perpol No. 6 Tahun 2017 tentang susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Kepolisian yang mengatur tentang penambahan jabatan Komandan Pasukan Brimob I, II, III, Korbrimob Polri dengan pangkat bintang satu. Dengan demikian maka secara keseluruhan terdapat penambahan empat perwira tinggi Polri berpangkat bintang satu di jajaran Korbrimob Polri.

Pada 24 Februari 2023 telah dilaksanakan pengukuhan Danpas Brimob di Markas Komando Korbrimob Polri, Cimanggis, Depok. Pengukuhan ini mengandung maksud agar wilayah NKRI dari Sabang sampai Merauke dapat terjaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya, guna mempercepat dan berjalannya dinamika operasional (Wilayah Barat/Pulau Sumatera).