Pegadaian Medan Dorong UMKM Naik Kelas

IMG 20240401 WA0009

DELINEWSTV
MEDAN — Melalui Festival Ramadan 2024, PT Pegadaian Kanwil 1 Medan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

Komitmen perusahaan milik BUMN itu diapresiasi Pj Gubernur Sumatera Utara melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Dr. H. Agus Tripriyono, SE, MSi, Ak, CA saat menghadiri Festival Ramadan 2024 yang digelar PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Sabtu (30/3), di Atrium Plaza Medan Fair.

Menurut Dr Agus, pagelaran Festival Ramadan Pegadaian Medan sangat bermanfaat dalam mengedukasi para pelaku UMKM, untuk bangkit dan naik kelas.

BACA :

Jalin Silaturahmi, PT Pegadaian Kanwil I Medan Gelar Gathering Bersama Media

Di Sumatera Utara, terdata ada sekitar 2 juta lebih pelaku UMKM, yang menjadi peluang bagi Pegadaian untuk menggarapnya lagi,” ucapnya.
Ia memandang, selama ini para pelaku UMKM belum begitu mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan untuk memperolehnya di perbankan cukup begitu rumit.

Pemimpin WilayahPT Pegadaian Kanwil 1 Medan Beni Martina Maulan menjelaskan, proses pengajuan KUR Syariah di Pegadaian sangat mendukung para pelaku UMKM untuk memperoleh KUR. “Tanpa ada jaminan hanya bermodalkan usaha yang diketahui dan diperjelaskan dengan surat keterangan usaha dari pihak kelurahan maupun desa,” tambahnya.

Ia mengajak para pelaku UMKM di Sumatera Utara untuk memanfaatkan produk KUR Syariah dari Pegadaian, agar keberadaan UMKM semakin bertumbuh dan naik kelas.