Kota Balige Kaya Wisata Pesona Alam dan Sejarah

Logopit 1627223880921

Kota Balige sebuah kota di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Kota wisata pesona alam dan wisata sejarah Tanah Batak serta Makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.

Asal muasal Balige terambil dari Baliga satu kota di selatan pinggiran Danau Toba.

Terdapat museum Batak, seperti museum T.B. Silalahi Center, dan Makam Pahlawan Nasional  Sisingamangaraja XII, di kota Balige.

Untuk mencapai Lokasi ditempuh dalam dua jam perjalanan dari kota Prapat. Letaknya berada di ujung Danau Toba membuat kota ini menawarkan pemandangan alam yang cantik berupa pegunungan serta penampakan Danau Toba yang luar biasa mempesona.

Kota Balige menawarkan deretan pesona alam memukau. Terdapat pula deretan wisata lain yang tak kalah menarik dengan mengunjungi Balige, kota sejuta pesona dari Kabupaten Toba Samosir.

Kota wisata ini juga didukung hotel berbintang dan natural untuk kenyamanan wisata manca negara dan domestik.

Kentalnya kultur Batak sangat terasa di
berbagai aspek masyarakat Balige, dari
situs dan bangunan hingga kekayaan
kuliner dapat kamu temukan di sekitar
Balige yang populer dengan jargon:
“Tampakna do Rantosna, Rim Ni Tahi Do
Gogona” ini.

Kali ini tim kami akan membawa kamu
berjalan-jalan dan menelusuri berbagai
destinasi serta tempat wisata Balige yang
menarik untuk dikunjungi, mulai dari situs sejarah, museum hingga atraksi wisata Danau Toba.

Berikut tempat wisata yang menarik yang wajib dikunjungi yang kami rekomendasi kan :

1. Pakkodian Toba

IMG 20210725 210245

Hanya berjarak 25 menit dari Balige dan
berada di Meat, Lintong Nihuta, tempat
wisata di sekitar Balige bernama
Pakkodian Toba ini menawarkan
pemandangan keindahan Danau Toba
dengan suasana alami dan masih
tergolong asri.

Pantulan cahaya matahari acap kali
membuat perairan Toba di tempat ini
berwarna toscha. Jika kamu pernah
menonton film “Toba Dream”, kawasan ini
adalah salah satu lokasi syutingnya.

2. Air Terjun Sigura-gura

IMG 20210725 210319

Terkenal sebagai air terjun tertinggi di
Sumatera Utara, Sigura-Gura yang terletak
di Halado, Pintu Pohan Maranti ini juga
bisa diakses dari Kabupaten Asahan.
Selain wisata alam, sport tourism berupa
rafting juga sudah dikembangkan di
sekitar aliran sungai Asahan.

Sigura-Gura terkenal dengan label sebaga
air teriun tertinaai di Provinsi Sumut, menandingi Sipiso-piso di Kab. Karo.

3. Pulau Samosir

cDYLo01fuq

Berkunjung ke Sumatera Utara pastinya tak lengkap tanpa singgah di Samosir, ya. Pulau yang terpisah dari daratan Sumatera ini letaknya di tengah Danau Toba. Anda bisa menikmati panorama gunung dan objek wisata budaya yang ada di sini, loh.

Silakan ke pulau ini pada pagi hari dengan menumpang kapal feri.

4. Pantai Lumban Silintong

Pantai Lumban Bulbul

Lokasinya berada di Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Pantai cantik ini masih masuk dalam wilayah Desa Lumban Silintong Balige. Untuk ke sini, Anda bisa memilih via jalur udara atau darat. Anda bisa naik kendaraan darat selama 6 jam untuk sampai ke tempat ini. Namun bisa juga naik pesawat ke Siborong borong di Kabupaten Taput dengan waktu setengah jam.

Wisata pantai ini memang menarik karena Anda bisa berenang sepuasnya selain menikmati keindahan pantai. Ada pula kuliner yang bisa Anda jajal di sepanjang bibir pantai seperti ikan bakar dan sambalnya yang mantap. Anda bisa nikmati keindahan pantai dan sejuknya semilir angin selain berfoto dengan background pantai.

5. Desa Meat

Desa Meat

Mari berkunjung ke Desa Meat yang merupakan tempat titik terindah Danau Toba. Lokasinya ada di kecamatan Tampahan di Kabupaten Tobasa. Jaraknya 20 menit saja dari Balige. Namun Anda harus rela melewati jalan berbatu dan terjal serta menukik untuk sampai ke tempat ini.

Desa yang ada di pinggiran pantai Danau Toba ini memiliki pemandangan alam menakjubkan. Ada hamparan sawah hingga indahnya gunung yang menjulang tinggi dan juga pantai yang cantik. Ini merupakan surganya para pemancing loh karena kebanyakan ikan yang dipancing di sini ukurannya besar.

6. Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga

Berkunjung ke Balige juga bisa membuat Anda menemui Bukit Tarabunga. Sayang banget kalau Anda melewatkan wisata yang satu ini. Hanya 5km dari Balige, bukit ini adalah spot terbaik di Balige.

Anda yang gemar melihat pematang sawah bisa kunjungi tempat ini. Di sini terdapat sawah bertingkat layaknya di Ubud, Bali dan bisa Anda jadikan background foto. Bukit ini juga menawarkan pemandangan dari Danau Toba. Anda bisa berkunjung pada pagi atau sore hari agar mendapat foto yang bagus.

7. Pahoda

Pahoda

 

Nikmati sunrise dari Pahoda di Balige. Pemandanagan sinar matahari membias lewat air Danau Toba menuju bukit sehingga sangat luar biasa indah. Apalagi saat cuaca cerah, maka keindahan langit biru akan makin menjadikan tempat ini tak terlupakan.

Tempat yang dikenal indah ini sudah ada sejak tahun 1970-an silam. Dulu lokasinya sepi namun kini sudah ramai oleh pengunjung. Tempat ini juga jadi tempat kebanggaan warga Balige karena keindahannya.

8. Pasar Onan Balige

scyy79Kscp

Jika Anda ingin belanja atau sekadar mengenal pasar Balige, wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Pasar Onan Balige ini selalu menarik loh untuk dilihat dan dikunjungi. Selain geliat masyarakatnya, arsitektur bangunan pasarnya pun unik.

Sebagai objek wisata belanja, lokasi ini juga jadi tempat penuh sejarah loh. Dibangun di zaman kolonial Belanda pada tahun 1936, hingga kini bangunannya sangat kokoh. Ada 6 deret bangunan berbentuk rumah adar Batak. Bangunan ini dihiasi ukiran arsitektur khas Batak juga. Bahkan pasar unik ini juga sempat ditetapkan sebagai objek tujuan wisata di Balige.

9. Pantai Lumban Bul-bul

IMG 20210725 211631

Pantai Lumban Bul-bul dapat ditempuh sekitar 33 km dari pusat kota Balige, obyek wisata Pantai Lumban Bulbul punya fasilitas cukup lengkap dengan biaya masuk relatif murah dan letaknya persis di tepi jalan raya.

Di pantai Lumban Bulbul terdapat juga beragam atraksi dan fasilitas wisata seperti speed boat dan banana boat. Kawasan pantai di Danau Toba ini cukup panjang sehingga sering juga dijadikan
sebagai tempat penyelenggaraan event pariwisata.

10. Wisata Bukit Gideon

IMG 20210725 211903

Memadukan wisata alam dan religi, Bukit Gibeon sempat viral beberapa waktu lalu karena keunikannya. Di tempat ini kamu dapat melihat berbagai rumah peribadatan, rumah doa dan juga kolam renang dimana sumber airnya berasal dari
air terjun yang langsung jatuh ke dalam area kolam.

11. Taman Eden 100

IMG 20210725 212930

Objek wisata yang cukup menarik di sekitar Balige lainnya adalah Taman Eden yang berlokasi di di Lumban Rang, Kecamatan Lumban Julu. Kawasannya yang teduh dan sejuh membuat destinasi ini sangat ocok sekali bagi kamu yang ingin camping sembari menikmati suasana alam yang begitu alami.

Suasana yang teduh dan sejuh membuat destinasi ini sangat ocok sekali bagi kamu yang ingin camping sembari menikmati suasana alam yang begitu alami. Di Taman Eden 100 terdapat beberapa spot menarik seperti Air Terjun Lumban Rang, Rumah Tarzan dan Camp Sites.

Beragam aktivitas juga dapat dilakukan oleh para pengunjung seperti agriwisata, mengunjungi sederet spot eksotis, belajar tanaman khas Batak, mendaki ke Bukit Senyum dan menjelajahi kawasan Taman Eden 100 yang diketahui berada di areal lahan seluas 40 hektar. Fasilitas di sini
sudah sangat memadai, ada penginapan dan cafe.

13.Air Terjun Situmurun

IMG 20210725 212454

Hanya ada satu air terjun yang jatuh ke Danau Toba yakni Situmurun dan sering disebut Binangalom .

Berlokasi persis di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Tobasa, aksesnya bisa dicapai dengan
menggunakan kapal penumpang melalui rute Ajibata atau Parapat sekitar 1 jam sedangkan dari Balige membutuhkan waktu lebih lama yakni 1,5 jam.

Nah… Apalagi, inilah destinasi wisata mempesona di kota Balige yang kami hadirkan, cocok untuk keluarga, jamuan tamu, wisata manca negara maupun domestik.

(DNN)

Sumber : pariwisata sumut, bp.guide