David Roni Ganda Sinaga : Mudah-mudahan Keluhan Masyarakat di Reses III Tahun 2021 ini Terealisasi Secepatnya

 

Medan – DELINEWSTV.COM : Bukan David Roni Ganda Sinaga namanya, jika tidak mampu menyelesaikan permasalahan warga. Baik dirinya turun langsung ke lokasi ataupun  ketika menampung aspirasi warga saat pelaksanaan Sosperda dan juga Reses.

Disetiap kegiatan yang dilakukan, David Roni ingin keluhan warga yang didengarnya segera dapat terselesaikan. Seperti hal nya pada pelaksanaan Reses III Tahun 2021 Dapil IV, yang dilaksanakannya di Jalan Tangkuk Bongkar 9, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Medan Denai, Selasa (11/5/2021) yang dimulai pada pukul 04.00 sampai selesai.

Politisi Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini mengungkap kan, agar semua masyarakat yang hadir tidak malu-malu dan menceritakan semua unek-unek ataupun permasalahan menyangkut pelayanan publik, infrastruktur, sampah, dan sebagainya yang berkaitan dengan pemerintahan di kota Medan.

“Dalam pelaksanaan Reses III kali ini, merupakan program untuk menyerap aspirasi Bapak dan Ibu sekalian agar dapat segera kami tindaklanjuti sesuai pokok permasalahan yang terjadi. Jadi selain pelaksanaan Sosperda yang dilakukan anggota dewan sekali satu bulan, kami juga melaksanakan Reses sekali dalam tiga bulan,” katanya.

Tanpa memperpanjang waktu, David Roni G Sinaga meminta masyarakat di Kelurahan Tegal Sari Mandala II untuk menanyakan kepada dia selaku wakil rakyat dan juga kepada OPD atau perwakilan OPD yang juga turut hadir.

T br Simanjuntak, warga Jalan Trikora 1, pada sesi tanya jawab berharap agar Pemko Medan dapat memperbaiki  jalan Gg.Bersatu tepatnya didepan rumah nya. Karena sudah lama tidak pernah diperbaiki dan ketika hujan turun maka di daerah tersebut selalu banjir. “Kami sudah lama merasakan banjir, akibat drainase yang sumbat, kami berharap agar air di drainase dapat dilancarkan,” ucapnya.

Selain masalah banjir, warga juga mengeluhkan air bersih. Dimana menurut pengakuan warga, bahwa sudah lama mereka tidak pernah merasakan air bersih milik PDAM Tirtanadi. “Kami sangat membutuhkan air pam, 20 tahun lebih kami disini belum dapat air pam,”ujar T Br.Simanjuntak lagi.

Selain itu, warga Tangkuk Bongkar 9 ini juga mengeluhkan kinerja kepala lingkungan mereka yang sudah tua dan kurang produktif. Akibat nya, banyak keluhan warga di Tangkuk Bongkar 9 yang tidak tersampaikan kepada Lurah dan juga Camat.

Bitner Simanjuntak, warga Tangkuk Bongkar 9 Gg.Bersatu, memberitahukan permasalahan banjir yang kerap terjadi di tempat tinggalnya. Parahnya lagi jika hujan turun selama 1 jam maka air akan tergenang sampai 1 meter. ” Selain itu, tidak hujan pun daerah kami selalu banjir, karena ada jika diperhatikan semua drainase di tempat kami sudah tertutup sampah dan tanah, untuk itu, kami mohon kiranya Bapak David Roni G Sinaga dapat memberitahukan kepada dinas PU Medan agar drainase ditepat kami segera di perbaiki,” ujarnya.

Mendengar keluhan konstituennya itu, David Roni G Sinaga pun sedih, apalagi mendengar warga sudah sampai 20 tahun tidak pernah mendapatkan fasilitas air bersih.

“Saya hanya bisa katakan, bagi warga yang ingin mendapatkan air bersih dari PAM, silahkan buat surat permohonan pemasangan air PDAM, nanti akan saya tindak lanjuti langsung ke Direksi PDAM Tirtanadi. Saya pastikan, air akan segera di pasangkan di tempat Bapak dan Ibu sekalian. Kalau perlu selesai Reses ini, segera konsep dan buatkan surat permohonannya,” tegasnya.

Sementara itu, mewakili Camat Medan Denai, Safril Isa Pane mengatakan, bahwa permasalahan banjir dan drainse sumbat di daerah itu dapat dicarikan solusinya, tetapi butuh peran masyarakat juga. “permasalahan Sampah di daerah Tangkuk Bongkar 9 dapat diselesaikan namun dengan catatan agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Kita janji dulu agar sampah tidak lagi sembarangan dibuang, agar ketika diperbaiki, drainase tidak lagi tersumbat akibat di penuhi sampah,” ujarnya.

Dari Dinas Kesehatan Medan yang di wakilkan dari Puskesmas Bromo, dr.HasanaLisa, M.KM
menginformasikan bahwasanya, Puskesmas Bromo sudah ada melayani Vaksin bagi Lansia, guru dan pelayan Publik secara gratis. “Usia untuk lansia yang diterima adalah 60 tahun keatas. Kalau untuk umum dalam waktu dekat ini pemeirntah juga akan melakukannya,” terangnya.

Terkait permasalahan Kepala Lingkungan yang dinllai warga sudah kurang produktif dan diusulkan untuk segera diganti, David Roni Ganda Sinaga mengatakan agar seluruh warga melakukan musyawarah terlebih dahulu dan jangan sampai ada kepling pesanan atau kepentingan tertentu.

“Karena Kepling itu adalah ujung tombaknya pemerintahan yang dapat sampai ke tengah-tengah masyarakat, sehingga Kepling sangat dibutuhkan keberadaannya. Jangan sampai memilih Kepling yang mata duitan, Pilihlah sosok kepling yang benar-benar amanah kepada warganya dan kerja tulus dan iklas, karena mereka sudah digaji oleh pemerintah Kota Medan,” tuturnya.

Untuk itu, David Roni G Sinaga sangat setuju jika Kepling-Kepling yang tidak becus bekerja melayani warganya agar segera diganti dengan yang mampu. Karena, tambah wakil rakyat yang juga duduk di Komisi IV DPRD Kota Medan ini, setelah Pemko Medan dipimpin oleh Bobby Nasution ada banyak perubahan yang terjadi, dan memang para pimpinan di pemerintahan di kota Medan ini perlu dilakukan penyegaran kembali agar kinerja Wali Kota Medan dapat terbantu untuk menjadikan Medan kota berkah.

“Kita berharap, dikepemimpinan Bobby Nasution selaku Wali Kota Medan, dapat membawa perubahan positip dan masyarakat miskin yang selama ini tidak mendapatkan bantuan dipastikan akan mendapatkan bantuan dengan program dari pemerintah.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Sosial Kota Medan, Bambang Setiadi menjelaskan, saat ini dinas Sosial telah melakukan pendataan terhadap warga miskin dan bekerjasama dengan seluruh Kepala Lingkungan.

“Nanti seluruh warga miskin datanya harus ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi jika tidak ada namanya di DTKS maka sampai kapanpun warga miskin tersebut tidak akan mendapatkan bantuan. Jadi segeralah daftaran nama anda kepala Kepling masing-masing,” terangnya.

Diakhir pelaksanaan Reses III Tahun 2021, David Roni G Sinaga meminta agar warga tidak usah ragu jika ada mendapat permasalahan terkait pelayanan publik baik di kantor Lurah dan Kantor Camat. Selain itu, untuk kendala seperti pengurusan KK,KTP,AKTA NIKAH dan AKTA LAHIR, BPJS Kesehatan, David Roni G Sinaga menyarankan dapat membantu dengan memberikan nama dan alamat serta data-data yang akan diurus kepada staf nya bermarga Bangun dan Reza.

Reporter : Amsari

Hot News