Diberitakan Beri Dukungan Calon Ketua DPD, Ketua BAPPILU DPC Demokrat Medan Minta Klarifikasi Gubsu

IMG 20210902 185720

 

Medan – DNN: Ketua Bappilu DPC Demokrat Kota Medan, Subanto ST mempertanyakan dukungan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, atas pencalonan salah seorang pengurus DPP PD, Lokot Nasution di Musda DPD yang akan segera digelar.

“Pak Edy selaku Gubernur, apa memang ada menyatakan dukungan kepada salah satu calon ketua DPD Demokrat Sumut?.
Beliau kan bukan kader dan pengurus Demokrat, sehingga kita pertanyakan dukungan yang diberikan dalam kapasitas apa?”, tanya Subanto saat diklarifikasi wartawan, Kamis (2/9/2021).

Sebelumnya diberitakan, Gubsu Edy Rahmayadi menerima kunjungan pengurus DPP PD dan menjamu makan malam di rumah dinas, Senin (30/9/2021). Dalam pertemuan itu dikabarkan, bahwa Gubsu Edy Rahmayadi menyatakan dukungan kepada Lokot Nasution dan memberikan motivasi. Juga dibahas seputar persiapan Musda.

Subanto menyayangkan manuver pemberitaan tersebut, karena dinilai kontraproduktif. Sebab publik akan mempertanyakan apa korelasi calon ketua DPD dengan dukungan Gubernur.

“Pak Edy bukan kader, untuk apa dilibat-libatkan. Seharusnya bicara program dan mendekati pemilik suara turun ke DPC,” tegasnya.

Sementara itu Plt Ketua DPD PD Sumut, Herri Zulkarnain yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, dirinya selaku Plt tidak tau menau agenda kunjungan pengurus DPP tersebut.

“Kalau membicarakan atau melaporkan rencana Musda, seharusnya melibatkan DPD. Dan sepengetahuan kita, mereka itu bukan yang ditugaskan DPP untuk mempersiapkan Musda Sumut,” tandasnya.

Ia menyebut, banyak kader dan pengurus partai di Sumut yang meminta dirinya selaku Plt Ketua DPD untuk menertibkan manuver calon tersebut, termasuk mempertanyakan kebenaran dukungan Gubsu.

“Wartawan boleh menanyakan itu ke Pak Gubernur, apa memang benar ada memberikan dukungan,” ucapnya.

Herri juga mengingatkan kepada seluruh kader dan pendukung calon, untuk tetap mengikuti petunjuk DPP. Agar pelaksanaan Musda berjalan dalam suasana kebersamaan, untuk menperkuat soliditas kader dan partai.

Reporter: Amsari