Pemdes SM Diski Fasilitasi Kegiatan ‘PLN Peduli’ Untuk Pelayanan Akte Kelahiran Bagi Masyarakatnya

IMG 20210902 114545

 

Sunggal, Deliserdang: Pemerintah Desa Sumber Melati (SM) Diski kembali memfasilitasi kegiatan PLN Peduli untuk ‘Sosialisasi dan Pelayanan Akta Kelahiran’ program sinergi antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Deliserdang, di Aula Kantor Desa SM Diski, Kamis (2/9/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Kadis Dukcapil Deli Serdang H.Gustur Husin Siregar, Manager UP3 PLN Binjai Ariadi Wisnu Sukendar, Babinsa Koramil 01/Sunggal Serda Dedi Aprianto dan puluhan masyarakat penerima bantuan akte kelahiran, dengan menerapkan prokes yang ketat.

Kepala Desa Sariman dalam sambutannya mengatakan, kerjasama dengan pihak ketiga, dalam hal ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang diwakili Manager UP3 PLN Binjai, untuk membantu program pemerintah akan data kependudukan didalam pengadaan ‘Akte Kelahiran’, bagi warga di Desa Sumber Melati Diski, Kecamatan Sunggal.

“Pada dasarnya Pemdes SM Diski, siap membantu seluruh program dari pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Terutama kegiatan-kegiatan  yang menyangkut masalah kependudukan warga, seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK) maupun Akte Kelahiran dan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang hari ini dilakukan, oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Kepala Desa SM Diski Sariman S.pd.I.

Sementara itu, Managar UP3 PLN Binjai Ariadi Wisnu Sukendar mengatakan, bahwa bantuan ‘Coorporate Social Responsibility’ (CSR), sebesar 20 juta rupiah dari PLN, yang akan digunakan untuk dana pengurusan akte kelahiran bagi masyarakat Desa SM Diski.

“Selain untuk melayani penerangan bagi masyarakat, PLN juga sangat peduli akan kondisi dan keadaan perekonomian masyarakat untuk pengurusan akte kelahiran di masa pandemi covid-19 saat ini. Sehingga PLN memutuskan untuk bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Deli Serdang didalam melengkapi data kependudukan buat masyarakat nya. Terkhusus buat warga di Desa SM Diski ini,” ucap Ariadi kepada wartawan.

Sedangkan Kadisduk Capil mengungkapkan, bahwa Kabupaten Deliserdang memiliki wilayah yang sangat luas, sehingga pelayanan surat menyurat kependudukan untuk masyarakat menjadi kendala yang sering dialami. “Untuk itu, saya sangat mengapresiasi kepedulian pihak PLN yang sudah menyalurkan dana CSR nya untuk pengurusan akte kelahiran, dan kepada Kepala Desa SM Diski yang sudah memfasilitasi tempat buat kegiatan ini,” tuturnya.

Dan kedepannya, sambung Gustur, peran serta pihak ketiga sangat diperlukan guna membantu tugas pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam hal pengurusan data penduduk. “Hari ini PLN yang sudah menunjukkan sumbangsih nya, esok atau lusa ada lagi pihak swasta ataupun perusahaan yang mau menyalurkan bantuan CSR nya kepada kita,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Kadisduk Capil, Manager UP3, Kepala Desa SM Diski dan Babinsa menyerahkan Akte Kelahiran secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.

Reporter: Amsari