Terkait Pelayanan Kesehatan, Haris Kelana: Kadinkes Belum Mampu Bawak Perubahan

IMG 20211108 093857

 

Medan – DNN: Anggota DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST mempertanyakan kinerja Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Medan Taufiq Ririansyah, serta kemampuannya dalam berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berobat di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS). Sebab, kenyataannya pelayanan di Puskesmas dan RS Pirngadi dinilai masih buruk.

“Kita tagih kinerja Kadinkes Kota Medan yang baru (red-Taufik Ririansyah), karena dinilai belum mampu memberikan pelayanan prima di Puskesmas dan RS Pemerintah. Dimana hingga saat ini, tidak ada perubahan yang signifikan dalam hal pelayanan,” ketus Haris Kelana Damanik ST, saat di konfirmasi wartawan, Senin (7/3/2022) di Medan.

Menurut dewan yang duduk di Komisi II DPRD Medan ini, dan membidangi kesehatan itu menilai perlu dan harus dilakukan gebrakan baru terkait peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan RS Pirngadi. “Sama halnya dengan RSUD Medan Labuhan yang akan segera beroperasi,” ucapnya.

Sebagaimana fungsi Puskesmas, lanjutnya lagi, sebagai pelayanan kesehatan harus dimaksimalkan. Dan hendaknya RSUD Medan Labuhan yang akan segera beroperasi, dipastikan memiliki fasilitas alat kesehatan yang cukup berikut tenaga medis.

“Harus menunjukan kesan baik. Sehingga ke depan dapat menjadi RS percontohan,” harapnya.

Untuk itu tambah Politisi Partai Gerindra Medan ini, Kadinkes yang baru harus mampu melakukan peningkatan pelayanan kesehatan seiring salah satu program prioritas utama Walikota Medan Bobby Afif Nasution.

“Walikota Medan telah menetapkan peningkatan pelayanan kesehatan menjadi program prioritas, Kadinkes harus mampu merealisaaikan hal itu,” tandas Haris.

Seiring dengan itu tambah Haris, Kadinkes Taufiq Ririansyah harus melakukan pembenahan mulai dari penataan kantor Dinkes hingga seluruh Puskesmas. Begitu juga dengan masalah tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama tenaga medis di Dinas Kesehatan supaya diberdayakan sesuai kehaliannya, yang bisa menggunakan E digital.

“Dalam waktu dekat pihaknya (red-Komisi II DPRD Medan) akan melakukan rapat evaluasi serapan anggaran triwulan I, terkait program kegiatan Dinkes Kota Medan. Kita mau lihat dulu kemampuan Kadinkes yang baru ini,” pungkasnya.

Reporter: Amsari