Janses Simbolon Dorong Pemko Medan Percepat Pembangunan Dikawasan Medan Utara

 

DNN l Medan – Anggota Komisi II DPRD Medan Janses Simbolon mengajak masyarakat Medan Utara untuk mendukung percepatan pembangunan, khususnya tanggul di sepanjang bibir pantai laut Belawan. Pembangunan tanggul dinilai sangat penting guna mengatasi banjir rob (pasang air laut) yang selama ini meresahkan warga.

Hal itu disampaikan Anggota dewan dari Fraksi Hanura tersebut kepada wartawan, Jum’at (1/7/2022) menyikapi rencana Pemko Medan membangun tanggul di Belawan.

Janses menyebut, langkah kebijakan dari Walikota Medan, Bobby Afif Nasution untuk mempercepat laju pembangunan di kawasan Medan Utara dinilai sangat tepat.

“Khususnya pembuatan tanggul tersebut.  Untuk itu, masyarakat diharapkan mendukung agar pelaksanaanya cepat terealisasi,” ucapnya.

Dikatakan Janses, pembangunan tanggul dipastikan berdampak bagus bagi kepentingan umum. Maka itu perlu dukungan semua pihak agar segera terlaksana.

“Bila saja ada yang terimbas dari pembangunan itu wajar saja. Maka itu perlu dilakukan musyawarah guna mencari yang terbaik,” tuturnya .

Janses kembali menambahkan, guna memuluskan pembangunan tanggul, diharapkan pihak Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan berperan melakukan mediasi kepada warga. Sama halnya dengan tokoh masyarakat supaya dilibatkan musyawarah.

“Kita sangat berharap dan berkeingan banjir Rob tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi masyarakat pesisir Belawan. Selama ini, bajir Rob terus melanda pinggiran pantai,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya lagi, sama kita berharap agar wilayah pesisir Belawan benar benar difungsikan, sesuai peruntukan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Karena akibat pelanggaran peralihan fungsi wilayah mengakibatkan resapan air terganggu dan banjir.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menaruh perhatian besar terhadap pembangunan di kawasan Medan bagian Utara. Salah satu rencana pembangunan tanggul rob dan rumah panggung.

Kita yakini, sambung Janses, tanggul dan pembangunan rumah panggung, diharapkan akan mampu mencegah atau setidaknya mengurangi beban dan ketakutan yang selama ini menghantui masyarakat Belawan khususnya, dan Medan Utara pada umumnya.

“Sedangkan pembangunan rumah panggung itu, akan menjadi solusi terbaik bagi warga untuk atasi banjir rob yang kerab merendam rumah mereka,” pungkasnya. (A-Red)