Ketua PWI Kecewa, Rapat Perdana Persiapan HPN 2023 Tanpa Gubernur dan Pimpinan OPD Sumut

IMG 20230111 190551

Teks foto, Katua PWI Sumut Farianda Putra Sinik pimpin rapat persiapan HPN 2023

DNN l Medan – Rapat Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman No.41, Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia, berjalan alot. Rapat panitia HPN di Sumut yang akan berlangsung mulai tanggal 7-12 Februari 2023 mendatang, dipimpin langsung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik, Rabu (11/1/2023).

Dalam rapat tersebut, Farianda mengaku sangat kecewa, karena peserta rapat HPN tersebut hanya dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara pemaparan susunan Panitia Daerah Penyelenggaraan Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Utara, sesuai tupoksinya sangat membutuhkan masukan dan kepastian, mengingat waktu pelaksanaan HPN semakin dekat.

Menurut Farianda yang juga Ketua SPS Sumut ini, tujuan rapat tersebut untuk meminta persiapan dan materi apa saja nantinya yang akan dilaksanakan dalam rangkaian pelaksanaan HPN. Termasuk juga para stake holder yang ada. Sebab, Kota Medan sebagai tuan rumah pelaksana, dan jangan sampai para tamu undangan yang mayoritas wartawan se Indonesia, pejabat Negara termasuk Presiden di puncak HPN akan datang ke kota Medan menghadiri acara tersebut.

”Kita ingin para tamu undangan datang menghadiri HPN tersebut dengan senyum dan pulang pun dengan senyum. Seolah ada kesan yang enak mereka bawa ketika berada di kota Medan, maupun ketika kembali ke daerah mereka masing masing,” kata Farianda.

Oleh sebab itu, sambung Farianda, seharusnya yang memimpin rapat panitia HPN 2023 ini Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

”Kalau Gubernur hadir, pasti pimpinan OPD hadir juga. Bukan seperti rapat hari ini, hanya di hadiri perwakilan OPD saja. Sementara waktunya sudah semakin dekat. Ketika yang hadir pimpinan OPD, maka dia dapat memerintahkan anggotanya untuk mensukseskan kegiatan tersebut,” harapnya.

Untuk itu, lanjut Farianda, dirinya minta didampingi staf khusus gubsu, Edy Sofyan, Kadis Kominfo Sumut, Illiyas Sitorus (Incek) dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provsu Faisal Arif Nasution, agar kegiatan HPN tahun 2023, yang diberi tema “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat”, mendapat dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat di Sumatera Utara.

“Ini even bersejarah di Provinsi Sumatera Utara, setelah 30 tahun. Dimana, Sumut menjadi tuan rumah HPN,” pungkasanya. (A-RED)