Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dari Pemerintah Melalui Diktiristek

Bagi kamu mahasiswa aktif yang ingin merasakan bagaimana hidup dan kuliah di luar negeri selama satu semester, bisa kok !

mengenal-program-beasiswa-iisma
Logo Program Beasiswa IISMA

Perluas wawasan dan koneksi melalui Pertukaran Mahasiswa secara Internasional. Itulah konsep yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam program beasiswa IISMA.

Apa itu program IISMA ?

IISMA merupakan singkatan dari Indonesian International Student Mobility Awards. Program ini akan membiayai kamu sebagai mahasiswa, untuk hidup dan belajar di luar negeri selama satu semester.

Tidak hanya sebatas belajar konvensional, kamu akan diarahkan untuk mengenal kebudayaan dan keterampilan kepimipinan dari budaya tuan rumah.

Kenapa program IISMA dibentuk ?

Dengan perkembangan dunia yang terus melesat, kita harus siap menghadapi tantangan yang bahkan mungkin belum pernah ada sebelumnya.

Untuk Siapa program IISMA ?

Diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia aktif, yakni S1 (Sarjana/Sarjana/S1), Diploma 3 dan Diploma 4 Indonesia (Sarjana Ilmu Terapan).

Dari perguruan tinggi di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau dari Pendidikan Tinggi Vokasi (VHE) di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Apa tujuan program IISMA ?

Oleh karena ini mereka yang mengikuti program ini akan diharapkan untuk mendapatkan hal sebagai berikut :

  • Mahasiswa akan mempelajari ilmu multidisiplin berdasarkan minat masing-masing mahasiswa melalui berbagai mata kuliah.Mereka bebas memilih mata kuliah yang tidak ada hubungannya dengan jurusan di perguruan tinggi asal.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menimba ilmu dan keterampilan dari universitas ternama dunia di 30 negara.Kesempatan besar untuk belajar kepada dosen yang memiliki kapabilitas yang baik di bidang studinya.
  • Mempersiapkan lulusan yang berkualitas dengan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan karir masa depan. Pengalaman belajar di luar negeri dapat memberikan nilai lebih sebagai bagian penting dari bekal mahasiswa untuk dunia kerja di masa depan.
  • Meningkatkan jaringan di tingkat internasional melalui pertemuan mahasiswa lokal dan internasional, dosen dan masyarakat. Jaringan dapat diperoleh dengan terlibat dalam kegiatan akademik dan non-akademik di universitas tuan rumah.
  • Meningkatkan pemahaman lintas budaya siswa melalui mendapatkan pengalaman di negara tuan rumah. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan lintas budaya saat mereka belajar dan tinggal di kelas yang sama dengan penduduk setempat.

Apa saja yang ditanggung oleh IISMA ?

  • Biaya registrasi dan Biaya kuliah akan ditanggung
  • Biaya perjalanan dari kota asal di Indonesia sampai kota tujuan di Luar Negeri
  • Biaya kedatangan dan perpindahan ke kota tujuan
  • Biaya hidup selama menetap di Luar Negeri
  • Biaya pembuatan dan penerbitan visa
  • Biaya asuransi kesehatan
  • Bantuan biaya untuk keadaan darurat jika terjadi sesuatu

Bagaimana cara mendaftar IISMA ?

Bagi kamu yang berminat mendafar program beasiswa IISMA dari Diktiristek ini silahkan lihat bagian berikut Cara mendaftar beasiswa IISMA

Apa saja syarat dan ketentuan program IISMA ?

Karena program ini terbatas, seluruh mahasiswa yang mengjukan pendaftaran akan diseleksi. Untuk informasi detail terkait syarat dan ketentuan lihat bagian Syarat dan Kelengkapan Mendaftar IISMA