Pemerintah dan DPRD Perlu Mendukung Peningkatan Kinerja Wartawan

IMG 20240313 WA0085

DELINEWTV.COM | SAMARINDA – Wartawan memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Pemerintah dan DPRD perlu memberikan dukungan pelatihan bagi wartawan dalam rangka meningkatkan kinerjanya.

Anggota DPRD Kota Samarinda, H. Kamaruddin mengatakan itu kepada wartawan, hari Senin (26/2/2024).

“Penting pemberdayaan wartawan dalam meningkatkan kualitas karya dan profesinya di Kota Samarinda,” sambungnya.

Wartawan adalah mitra penting pemerintah dan DPRD dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan membantu mesosialisasikan pembangunan daerah. Oleh karena itu, wartawan perlu mendapatkan dukungan pelatihan agar meningkat kemampuan dan kinerjanya.

Selain itu, kata Kamaruddin, untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan, beberapa bentuk pemberdayaan yang perlu dilakukan antara lain, aneka pelatihan jurnalistik, seperti bagaimana menulis berita investigasi, etika jurnalistik.

“Perusahaan pers juga perlu meningkatkan kesejahteraan wartawan, seperti gaji dan tunjangan agar dapat bekerja dengan baik dan profesional,” paparnya.

Kamaruddin berharap dengan adanya pemberdayaan wartawan, kualitas karya dan profesionalismenya akan semakin meningkat, informasi pembangunan dan kerja-kerja pemerintah dan DPRD yang disampaikan kepada masyarakat memberi dampak positif.

Penulis Hendi Gea