Apakah Sambiloto Mampu Sembuhkan Covid-19,Intip Khasiatnya

IMG 20210802 123649

Siapa yang belum kenal tumbuhan Sambiloto?

Tumbuhan yang tergolong keluarga Acanthaceae yang memiliki rasa sangat pahit ternyata banyak mengandung khasiat melawan penyakit.

Tahun 1900 an, tumbuhan Sambiloto ataupun daunnya sudah digunakan sebagai bahan obat. Dan daun tanamkan herbal ini sudah digunakan sebagai obat untuk flu maupun demam dan dianggap sebagai obat tradisional karena dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sambiloto (Andrographis paniculata) mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Zat yang terdapat pada bagian batang dan daun tanaman sambiloto ini memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti saponin, terpenoid, tannin, dan flavonoid.

Berkat kandungan zat kimia berbagai zat kimia di atas, sambiloto kerap dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga daya tahan tubuh. Tanaman ini bahkan digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek.

Berbagai Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

Meski rasanya pahit, ada banyak manfaat sambiloto yang bisa Anda peroleh bagi kesehatan tubuh, diantaranya, halaman berikutnya….