Kolaborasi Polsek Pancur Batu dan PPA Kecamatan Pancur Batu, Selamatkan Wanita Mengidap Mental illness Yang Tersesat

IMG 20230211 185340

DNN |Medan – Kolaborasi yang solid Polsek Pancur Batu bersama PPA Kecamatan Pancur Batu berhasil menyelamatkan wanita paruh baya inisial MMM (53) diduga mengalami gangguan jiwa, dan berhasil mempertemukannya dengan pihak keluarganya, Sabtu (11/02/2023) sekira 18.00 Wib .

IMG 20230211 184211

Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Pancur Batu, Kompol Noorman Haryanto Hasudungan Sihite, SIK., MIK., kepada awak media ini.

“Betul, personel lalu lintas (lantas) Polsek Pancur Batu menyerahkan seorang wanita paruh baya kepada personel SPKT yang malam itu sedang piket, Jum’at (10/02/2023) sekira pukul 22.30 Wib. Selanjutnya personel menghubungi PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) ) Kecamatan Pancur Batu, Muliana Pinem, SH.

Tidak butuh waktu lama, AKP Kecamatan Pancur Batu pun tiba di Polsek Pancur Batu. Dan kurang lebih satu setengah jam, Muliana Pinem mendampingi MMM sambil menggali informasi wanita paruh baya yang kehilangan pekerjaan tersebut.

“Hingga satu jam setengah saya mencoba menggali informasi terkait wanita paruh baya yang tersesat itu. Wanita itu hanya bisa menyebutkan nama dan tidak mengetahui asal usul domisilinya,” kata Muliana.

Lanjut Muliana, “Kapolsek juga telah berupaya menggali informasi identitas perempuan yang hilang itu, namun perempuan tersebut juga hanya menyebutkan nama saja dan tidak mengetahui asal usul domisilinya.

Dikarenakan informasi keberadaan keluarga MMM belum juga diketahui, akhirnya hasil kesepakatan Kecamatan dan Kepolisian Sektor Pancur Wanita Batu tersebut akan dibawa ke Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang.

IMG 20230211 180211

“Kami sudah berusaha mencari informasi dan identitas Moni, tapi belum mendapatkan hasil, maka kami menawarkan wanita paruh baya tersebut akan kami kirimkan ke Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang, dan sebelumnya kami sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Pancur Batu,” ucap Muliana.

Didampingi Sekcam Kecamatan Pancur Batu, Rudi Harmoko, S.Sos. MAP dan pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Pancur Batu, Hasanul Ansari, wanita paruh baya tersebut dibawa ke RSUD Pancur Batu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dikirim ke Dinas Sosial Deli Serdang.

Saat dilakukan medical check up, PPA Kecamatan Pancur Batu, Muliana mendapat informasi bahwa pihak yang mengaku keluarga MMM tiba di mako Polsek Pancur Batu.

IMG 20230211 180147

Setelah dilakukan pengecekan identitas terhadap pihak yang mengaku keluarga MMM, selanjutnya Kapolsek Pancur Batu dan PPA didampingi Sekcam, Kanit Reskrim, TKSK dan personel Polsek Pancur Batu menyerahkan MMM kepada pihak keluarga.

Waktu yang sama, Hasudungan (50) adek kandung MMM menyebutkan, kakaknya pergi dari rumah sore hari, Ju’mat (10/02/2023) sekira pukul 17.00 Wib menaiki angkot.

“Kakak kami ini mengidap penyakit mental dan masih berobat jalan. Moni pergi dari rumah di Kapten Sumarsono Helvetia menaiki angkot, sehingga kami mendapat informasi keberadaan kakak kami di Polsek Pancur Batu,” pungkas Hasudungan.

“Saya merasa banyak terima kasih kepada bapak Kapolsek dan PPA Kecamatan Pancur Batu yang telah peduli dan tanggap cepat menangani kakak kami,” tutup Hasudungan.

Penulis : Bern