Dialog Interaktif Poldasu : Samapta, Polri Siap Siaga Dalam Situasi Apapun

IMG 20230329 WA0169

DNN |Medan – Dialog Interaktif Halo Polisi Poldasu yang bekerja sama dengan RRI di channel 94,3 FM pro 1Medan, masih bersama Polrestabes Medan, Rabu (29/03/2023) sekitar pukul 10.00 WIB hingga selesai.

BACA    JUGA :

Kapolda Sumut laksanakan Sertijab Dir Reskrimum, Dir Resnarkoba dan Pelantikan Dir Reskrimsus

Kali ini dialog dari Sat Samapta Polrestabes Medan dengan narasumbernya, Waka Sat Samapta Kompol Ferimon, SH. MH, dengan topik ” Fungsi dan tugas Samapta di wilayah hukum Polrestabes Medan.”

Narasumber didampingi dari Humas Polda Sumatera Utara Jamaluddin S Sos Paur Subbid Penmas dan Aiptu Widodo Baur Subbid Penmas, serta dipandu oleh Vira Aulia Rusli selaku host dari RRI, Jalan Gatot Subroto No. 214, Medan.

Dialog Interaktif Halo Polisi Poldasu diawali dengan apa itu Samapta, Samapta merupakan anggota Polri yang selalu siap siaga dalam situasi apapun dalam menjalankan tugas, ucap narasumber menjawab pertanyaan dari host dan nantinya sekalian dirangkum pertanyaan dari pemirsa.

Sat Samapta Polrestabes Medan dipimpin oleh Kasat yang bertanggung jawab ke Kapolrestabes, pelaksanaan sehari-hari dibawah kendali Waka Polrestabes Medan.
Dalam kegiatan dan pelaksanaan tugas sehari-hari Sat Samapta dibantu oleh urusan pembinaan operasional, urusan Administrasi dan ketatausahaan, unit pengaturan penjagaan, pengawalan, dan patroli, unit pengaman obyek vital, unit pengendalian massa, jelas narasumber.

Tugas pokoknya melaksanakan tugas dengan cara preventif terhadap pelanggaran hukum maupun Kamtibmas, meniadakan unsur kesempatan atau peluang bagi masyarakat yang mau melakukan pelanggar hukum, tindakan awal melakukan tindakan represif bagi pelanggar Kamtibmas, melaksanakan penegakan hukum terbatas (seperti Tipiring, penegakan Perda), melakukan SAR.

Secara umum tugas sat samapta berupa: pengaturan kegiatan masyarakat dan pemerintahan, penjagaan markas, VIP dan tahanan, pengawalan tahanan, patroli, Tindakan Pertama TKP, bantuan SAR terbatas, Dalmas, Negosiasi, Tipiring, ucap Kompol Ferimon.