Universitas Methodis Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMK Gelora Jaya Nusantara Medan

 

Medan – DELINEWSTV.COM : Sesuai dengan program kerja (studi) yang telah dimiliki oleh Universitas Methodis, berupa program Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Informasi. Yang menerapkan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu berupa pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan ini sudah menjadi
kewajiban dan agenda rutin setiap tahun, sebagai tanggung
jawab dan pemikiran kepada masyarakat khususya masyarakat pendidikan.

Pada pelatihan ini diberikan kepada 15 orang staf pengajar (guru) di SMK Glora Jaya Nusantara Medan, berupa pembuatan media editing
videa dan konten pembelajaran daring. Materi yang diberikan adalah, penggunaan perangkat lunak filmora X dalam editing video, dan teknik-tenik video recording.

“Topik ini yang sangat dibutuhkan dalam rangka memperlengkapi para guru dalam mempersiapkan dan menyampaiakan materi pelajaran di masa pandemi covid-19 ini. Topik ini sengaja dipilih mengingat saat ini para guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran secara tatap muka,” kata Nurminta Ginting M.Pd.T selaku pimpinan SMK Gelora Nusantara Jaya Medan.

Di sisi lain, lanjutnya, saat ini
hampir semua orang tua siswa sudah memiliki perangkat smartphone yang dapat digunakan sebagai sarana belajar.

Sementara itu, Rektor Universitas Methodist Indonesia (UMI), Drs. Humuntal Rumapea, M.Kom, dalam sambutannya yang dibacakan Dekan Fakultas Ekonomi UMI Bapak Dr. Rasmulia Sembiring, SE, M.MA, mengatakan bahwa kemampuan dan kompetensi Dosen Prodi Komputerisasi Akuntansi dan Prodi Manajemen Informasi sangat layak diketahui masyarakat, melalui perguruan tinggi Universitas Methodis Indonesia.

“Sehingga tanggung jawab perguruan tinggi dapat tersalurkan kepada masyarakat. Kebetulan pada pengabdian kali ini memilih para guru sebagai objek pelatihan. Karena sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi covid-19, sehingga transfer keilmuan dapat dilakukan dengan lancar dan mudah serta bermanfaat,” jelasnya.

Selain dari tujuan pegabdian ini, sambung Rasmulia, adalah untuk memperkenalkan Universitas Methodist Indonesia dan Fakultas Ekonomi lebih dekat kepada masyarakat melalui karya dan pengabdian. Sehingga dapat menambah informasi bagi masyarakat.

“Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya, sehingga Laporan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) berupa Pelatihan Video Recording Dan Editing Video ini, dapat diselesaikan dengan baik. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan oleh 2 tim dengan 10 Mentor, kepada staf pengajar di SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Semoga apa yang diabdikan di tempat ini memiliki manfaat, dan apa yang telah dilakukan dapat berguna bagi peserta pelatihan,” pungkasnya.

Reporter : Amsari

Hot News