Secangkir Kopi Bermamfaat Tingkatkan Imun Tubuh

IMG 20210810 213742

DNN | Minum kopi sudah menjadi budaya masyarakat masa kini, baik dalam jamuan maupun pertemuan-pertemuan.

Dipercaya minum kopi dapat penghilang kantuk atau teman saat bersantai, kopi menjadi pilihan favorit. Namun, tahukah Anda minuman berkafein ini juga membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Melansir laman Copeman Health Care, minum kopi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Kandungan Kopi Tingkatkan Imun Tubuh

Ahli gizi Ashley Reaver juga mengatakan, kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi.  “Secangkir atau dua cangkir kopi per hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ucap Reaver, dilansir dari laman theraflu.

Kandungan antioksidan di dalam kopi juga membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, masalah kesehatan jantung, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurologis.infeksi

Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics di tahun 2006. Dalam riset tersebut, terungkap bahwa kafein dalam kopi dapat menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang memiliki manfaat antibodi sehingga berefek positif pada pasien dengan penyakit radang kronis seperti radang sendi atau psoriasis.  Namun, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar, yaitu tiga hingga empat cangkir.

Efek konsumsi kopi berlebihan Pasalnya, konsumsi kopi berlebihan bisa berefek negatif pada tubuh karena kandungan kafein di dalamnya. Melansir laman Copenman Health Care, terlalu banyak kafein dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi.