Asal Usul Begu Ganjang dan Mistisnya

png 20230523 163734 0000

Indonesia kaya dengan ragam budaya dan berbanding lurus dengan jumlah mitos dan kisah mistis yang berkembang. Setiap daerah di Indonesia masing masing memiliki khas budaya dan kisah mistis.

Sebut saja Nyi Roro Kidul di daerah Parangtritis, Yogyakarta atau Leak yang di tanah Bali dipercaya sebagai hantu paling menyeramkan di sana.

hipwee begu1

Tak kalah di Pulau Sumatera yang sangat kaya raga budaya dan kisah mistis masing masing tiap daerahnya. Di Sumatera Utara mistis lokal (hantu lokal) yang sangat ditakuti sebagian besar masyarakat Sumut yakni hantu berwujud manusia yang bisa seketika sangat tinggi ini, dipercaya membawa segala hal berbau mistis ke dalam kehidupan..

Jenis hantu lokal tersebut di Sumatera Utara dinamai begu ganjang, yang artinya hantu berwujud manusia yang bisa seketika sangat tinggi.

Di era 80-an, pemerintah daerah Simalungun bahkan pernah bikin pertemuan bersama seluruh lurah dan camat, dengan tujuan memberantas kepercayaan terhadap begu ganjang ini.

Konon dahulunya, hantu jenis begu ganjang ini dipelihara oleh warga untuk tujuan mencelakai lawan, atau sebagai sarana pesugihan. Dan masyarakat dahulunya menyebutkan memelihara begu ganjang pada masa itu diyakini kaya-raya.