Tol Indrapura-Kisaran Akan Rampung, Medan – Kisaran Hanya 2 Jam

517931a6c2d294adf68903bc79ffe26a

“Proyek yang dimulai sejak Februari 2020 lalu, dirancang dengan kecepatan 100 km/jam, akan mempercepat waktu tempuh dari Medan menuju Kisaran dari awalnya 4 jam bisa dipangkas separuhnya,” Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro.

Koentjoro menjelaskan penyelesaian jalan tol ini merupakan wujud komitmen Perusahaan dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang berkelanjutan.

“Melalui tol ini juga akan mempersingkat akses masyarakat dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Kisaran, ” ujar Koentjoro.

Ia juga menyebutkan, ada beberapa fasilitas mendukung pengoperasian jalan tol agar memberi kenyamanan dan keamanan pengendara, yaitu : CCTV VMS (Video Management System) dengan memakai teknologi digital fiber optik dan fasilitas pendukung bagi pengguna jalan tol seperti 1 Junction, 2 Simpang Susun, 2 Rest Area, 2 Gerbang Tol.

Jalan Tol Indrapura – Kisaran dikerjakan dengan menggunakan berbagai teknologi digital construction diantaranya survei digital dengan fotogrametri. Load Scanner atau sistem pemindaian dengan menggunakan sinar laser untuk mengukur muatan kendaraan secara akurat dan cepat. Building Information Modelling (BIM), Common Data Environment (CDE) atau sistem pemindaian informasi data dari software BIM dengan mengadopsi teknologi cloud.

“Penerapan sejumlah teknologi konstruksi berbasis digital ini tidak hanya dapat melakukan pekerjaan secara efisien dari segi biaya dan waktu, tapi output yang dihasilkan akurat dan tepat mutu,” tutup Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro. (Red)