Dinperindag Koperasi dan UKM Mukomuko Wajibkan Pangkalan Elpiji Sediakan Timbangan

Screenshot 2023 0827 224240

“Sejak Pertamina menerapkan persyaratan itu, kini banyak pangkalan gas elpiji yang datang ke dinas ini untuk melakukan tera ulang timbangannya,” ujarnya pula.

Ia menyebutkan, saat ini lebih dari sebanyak 100 pangkalan gas elpiji bersubsidi yang telah melakukan tera ulang timbangan. Masih ada pangkalan yang belum melakukan tera ulang timbangan.

“Masih ada pangkalan yang belum melakukan tera ulang timbangannya, kemungkinan karena izin operasionalnya masih ada sehingga mereka belum butuh legalitas itu untuk persyaratan perpanjangan izin usahanya,” ujarnya.

Kendati demikian, katanya, suatu saat pangkalan gas elpiji ini memerlukan bukti timbangannya telah dilakukan tera ulang untuk persyaratan perpanjangan izin.

Sementara itu, kuota gas elpiji ukuran 3 kilogram sebanyak 4.000 ton tersebut dibagi 12 bulan, atau sebanyak 6.000 tabung gas elpiji per bulan.

Setiap hari sebanyak empat mobil pengangkut gas elpiji ukuran 3 kilogram yang masuk di daerah ini, tetapi mereka bagi sebanyak 100 tabung per pangkalan, setelah seminggu pangkalan kembali mendapat jatah gas elpiji. (rel/Antara)